Jumat, 03 Januari 2020

Pahami 3 Tahap Kehamilan

ibu hamil
Setiap Ibu yang sedang hamil pasti mengalami tahap-tahap kehamilan yang semua tahapan tersebut terbagi menjadi tiga tahap atau trimester. Menurut bidan di bandung, yaitu Bidan Sela mengatakan bahwa selama masa kehamilan, tubuh ibu yang sedang hamil akan mengalami berbagai perubahan dan menyesuaikan diri dengan pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan tersebut. 

Kemudian, apa saja perubahan yang akan dialami oleh kehamilan dalam setiap tahap kehamilan tersebut. Dalam hal ini, para wanita mengalami siklus menstruasi setiap bulannya. Pada waktu siklus bulanan tersebut berhenti, maka bisa jadi itu pertanda dari awal kehamilan. 

Tahap-Tahap Kehamilan yang Harus Dipahami Oleh Ibu Hamil 

Hal penting yang harus Bunda ketahui ketika hamil adalah berhentinya siklus menstruasi hanyalah satu dari sekian banyak tanda kehamilan terjadi. Jadi, ketika usia kehamilan bertambah, berbagai perubahan akan terjadi pada tubuh kamu dan sejumlah gejala pun juga muncul. Gejala dan perubahan yang akan kamu alami tidak selalu sama, tergantung tahap kehamilan tersebut.
ibu hamil
Kenali Tahap-Tahap Kehamilan Ini

Setiap tahapan kehamilan Bunda berlangsung antara 10-15 minggu. Hal ini sama seperti yang yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa setiap ibu hamil akan merasakan gejala dan perubahan fisik yang mungkin berbeda di setiap tahapannya.

Tahapan 1

Tahapan pertama kehamilan dihitung mulai dari hari pertama siklus menstruasi terakhir sampai minggu ke-13 kehamilan. Jadi, dalam tahapan ini, setiap perubahan secara fisik belum terlalu terlihat, akan tetapi ada beberapa gejala yang mungkin Bunda alami. Bunda harus mengetahui bahwa selama beberapa minggu pertama masa kehamilan, kadar hormon akan berubah secara drastis, karena diakibatkan oleh hormon kehamilan tersebut.

Tahapan 2

Tahapan kedua masa kehamilan Bunda akan berlangsung dari minggu ke-13 hingga ke-25. Banyak para wanita yang mungkin merasa lebih nyaman bila dibandingkan dengan tahapan pertama kehamilan. Jadi, selama tahapan kedua ini, rasa mual biasanya mulai berkurang, emosi juga lebih terjaga, serta gairah seksual kembali normal, tubuh Bunda juga tidak lagi terasa mudah lelah, dan tidur lebih nyenyak. Bunda pun akan mulai merasakan gerakan pertama janin di dalam perut.

Tahapan 3

Dalam tahapan ketiga ini merupakan tahap kehamilan Bunda terakhir yang berlangsung pada minggu ke-28 sampai persalinan. Tahap ini akan lebih menguji Bunda secara fisik dan emosional dibandingkan tahap kehamilan sebelumnya. Karena di tahap kehamilan ketiga ini, dokter akan menganjurkan Bunda untuk lebih sering memeriksakan kandungan yang bertujuan memantau kondisi Bunda dan janin serta untuk menentukan cara persalinan yang cocok nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar